Bursa Transfer: Liga Lain Sudah Tutup, Premier League Masih Sibuk

Bursa Transfer: Liga Lain Sudah Tutup, Premier League Masih Sibuk

London – Seluruh liga di daratan Eropa sudah resmi menutup bursa transfer musim panas mereka. Namun, beda halnya dengan di Inggris di mana keseruan proses jual-beli masih mungkin terjadi hingga tengah malam nanti.

Menurut aturan UEFA, bursa transfer liga-liga Eropa ditutup pada 1 September pukul 06.00 WIB atau 00.00 dinihari waktu setempat. Liga-liga besar Eropa seperti Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis sudah tidak mengizinkan lagi klub-klubnya melakukan transaksi jual-beli.

Hal inilah yang membuat kepindahan David De Gea masih jadi tanda tanya hingga sekarang. Sebab dokumen transfer De Gea dianggap telat masuk oleh Otoritas La Liga (LFP), sehingga kiper Manchester United itu dianggap batal transfernya.

Alhasil, Madrid pun mengajukan banding kepada UEFA agar kepindahan De Gea bisa terlaksana, mengingat mereka mengklaim bahwa dokumen dikirim tepat waktu.

Sementara liga-liga lain sudah menutup pasar jual-beli pemain, setidaknya Inggris masih membuka jendela tersebut hingga pukul 18.00 waktu setempat nanti (00.00 dinihari WIB). Alasan FA masih membukanya adalah adanya Bank Holiday pada 31 Agustus lalu, di mana seluruh bank di Inggris tutup. Itu artinya transaksi yang melibatkan uang banyak antara klub-klub tidak bisa dilakukan.

Maka dari itu, MU pun bisa dengan tenang menuntaskan transfer pemain muda AS Monaco, Anthony Martial, yang rencananya akan diperkenalkan ke publik hari ini usai kepindahannya senilai 36 juta poundsterling.

Masih ada peluang juga berarti bagi sesama klub Inggris untuk melakukan transfer, atau membeli dari klub di luar Inggris. Beberapa nama memang masih jadi pembicaraan hangat di Negeri Ratu Elizabeth itu.

Sebut saja Saido Berahino, yang sampai saat ini masih diincar Tottenham Hotspur meski West Bromwich Albion bersikeras tidak ingin menjualnya. Namun, dengan sisa waktu sekitar 12 jam maka deal bisa saja terjadi.

Belum lagi ada isu bahwa Arsenal masih mengejar Gonzalo Higuain atau Edinson Cavani, untuk memperkuat lini depan mereka.

Selain itu Chelsea dikabarkan juga masih ngotot mengejar John Stones dan bakal menaikkan tawarannya hingga lebih dari 40 juta poundsterling. Jika Stones gagal didapat, maka bek Zenit, Ezequiel Garay, bakal jadi alternatifnya.

Juga ada nama-nama seperti Victor Wanyama, Charlie Austin, dan Virgil van Dijk yang bakal menjadi pemain baru di klub-klub Premier League malam nanti.

Di atas itu semua tentu adalah kepindahan De Gea ke Madrid yang bakal diikuti hijrahnya Keylor Navas ke Old Trafford, tentu jika UEFA mengabulkan permohonan Madrid.

Please like & share: