Inter Gelontorkan Rp1 Triliun untuk Benahi San Siro

Internazionale Milano berencana merenovasi Stadion San Siro, dana besar yang sudah dipersiapkan mencapai 70 juta Euro atau setara dengan Rp1 triliun. San Siro nantinya akan menjadi stadion sendiri tanpa berbagi dengan AC Milan.

Meazza12-660x330Rencana AC Milan yang akan membangun stadion sendiri membuat Inter akan fokus membenahi San Siro. Koran bisnis Italia Il Sole 24 Ore mengungkapkan bahwa renovasi Giuseppe Meazza diawali dengan pengambilalihan lahan.

Dua raksasa Milan sejatinya masih memiliki perjanjian sewa bersama sampai tahun 2030, sehingga dewan lokal harus mencari kesepakatan dengan kedua klub untuk menjualnya ke Inter. Perencanaan pembangunan ini tentunya menunggu kesepakatan antara Milan dan Inter.

San Siro saat ini tengah dibenahi menyusul stadion ini akan akan menjadi tuan rumah final Liga Champions musim depan.

Pada awalnya Stadion ini adalah Stadion kandang bagi AC Milan, hingga pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa Stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada tahun 1947, sejak saat itu stadion ini digunakan sebagai kandang bagi Inter Milan dan AC Milan.

Jauh sebelum menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena.

Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama Stadion pada 3 Maret 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter dan Milan.

Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama San Siro untuk menyebut nama stadion ini, karena Giuseppe Meazza lebih identik sebagai ikon Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan.

Please like & share: