Jelang Final Piala FA – Bersiap Adu Serangan di Final Piala FA

Jelang Final Piala FA – Bersiap Adu Serangan di Final Piala FA

Arsenal sempat mengalami puasa gelar selama 9 tahun setelah sejak tahun 2005 mereka tidak menjuarai kompetisi apapun. Hingga akhirnya, musim 2013/2014 lalu, mereka berhasil menjuarai Piala FA. Musim ini, meski kembali gagal meraih gelar juara Liga Primer Inggris, Arsenal berhasil menunjukan kualitasnya dengan kembali masuk ke final Piala FA.

Aston Villa akan menjadi kesebelasan yang menghadapi Arsenal pada laga final kali ini. The Villans, julukan Aston Villa, terakhir kali lolos ke final Piala FA pada tahun 2000, saat itu mereka kalah dari Chelsea lewat gol tunggal Roberto Di Matteo. Sementara kenangan juara masih segar di benak Arsenal, Aston Villa memiliki ingatan yang buram mengenai Trofi Piala FA mereka. Terakhir kali mereka berhasil meraih gelar juara FA terjadi pada 58 tahun yang lalu. Ketika itu dua gol Peter McParland membawa Aston Villa menang 2-1 atas Manchester United.

Prestasi mereka di musim ini pun tidak bisa dikatakan baik. Bersama Tim Sherwood, Aston Villa hanya menjadi penghuni papan bawa klasemen. Bahkan mereka hanya berada satu tingkat di atas zona degradasi atau peringkat ke 17.

Namun hal ini bukan berarti mereka tidak mempunyai peluang untuk mengalahkan Arsenal pada final kali ini. Mereka tetap berhasil membuktikan kualitas mereka dengan menyingkirkan Liverpool pada babak semifinal. Maka mungkin saja, Arsenal akan menjadi korban berikutnya dari Aston Villa di Wembley.

Ditambah lagi, Aston Villa akan mendapatkan motivasi tersendiri untuk memenangkan laga ini. Selain gelar juara, memenangkan Piala FA akan membuat mereka mendapatkan tiket ke kejuaraan Liga Europa musim depan. Peraturan terbaru mengatakan bahwa tiket Liga Europa tidak akan diserahkan kepada runner-up Piala FA meski sang juara sudah mendapatkan tiket Liga Champions. Karena itu, menjadi juara adalah satu-satunya jalan bagi Aston Villa, untuk beraksi di level Eropa musim depan.

Pertandingan ini akan semakin menarik untuk ditunggu setelah kedua pelatih sama-sama menjanjikan permainan menyerang sejak awal. Baik Arsene Wenger dan Tim Sherwood mengatakan tidak akan bermain hati-hati dan akan keluar menyerang pada pertandingan kali ini. Maka mungkin saja, Final Piala FA kali ini akan menghasilkan gol dalam jumlah banyak.

Sama-sama Mengalami Masalah Cedera

Arsene Wenger sedikit dibuat pusing pada pertandingan kali ini dengan masalah cedera yang melanda beberapa pemainnya. Danny Welbeck yang masih mengalami cedera dipastikan tidak akan tampil pada pertandingan kali ini. Sedangkan Alex Oxlade-Chamberlain, Mathieu Debuchy, dan Mikel Arteta masih diragukan untuk bisa tampil meski sudah sembuh dari cedera.

Keempat pemain tersebut tentu saja merupakan pemain-pemain yang cukup vital bagi Arsenal. Danny Welbeck bisa dikatakan merupakan pemain yang sangat dibutuhkan Wenger pada pertandingan kali ini. Sebagai seorang penyerang, Welbeck seringkali menjadi solusi saat Arsenal kesulitan mencetak gol. Hal ini dibuktikan saat Welbeck mencetak satu-satunya gol saat Arsenal mengalahkan Manchester United di babak delapan besar Piala FA.

Namun masalah serupa juga dihadapi oleh Aston Villa. Beberapa pemain tidak bisa diturunkan oleh Tim Sherwood akibat mengalami cederanya. Salah satunya adalah bek tengah mereka, Ciaran Clark. Selain itu, Sherwood juga dibuat pusing dengan masalah yang dihadapi pada posisi penjaga gawang. Kiper utama mereka, Shay Given, masih belum benar-benar sembuh dari cedera. Namun sepertinya Given akan dipaksa bermain mengingat kiper cadangan yang dimiliki Sherwood, Jed Steer, tidak bisa tampil akibat sempat dipinjamkan ke Yeovil Town.

Please like & share: