Jenis Penyakit Ayam Laga Jago dan Pengobatannya

AYAMSIAM.com – Jenis Penyakit Ayam Laga Jago dan Pengobatannya – Beberapa jenis penyakit menular yang sering menyerang ayam laga super sebagai berikut:

  • Tetelo atau ND (New Castle Deseases)

Penyakit tetelo merupakan penyakit paling ganas yang sering menyerang ayam, terutama pada musim peralihan, dari kemarau ke penghujan atau sebaliknya. Gejala-gejalanya adalah terjadi gangguan pernapasan, ngorok (suara seperti sedang mendengkur), batuk-batuk, kejang, lumpuh, dan leher berputar. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sampai sekarang belum bisa diobati.

  • Pilek atau Snot / Coryza

Tanda-tandanya adalah muka bengkak dan berwarna merah, dari lubang hidung keluar cairan, dan saluran pernapasan terganggu sehingga muncul suara seperti mendengkur (ngorok). Penyakit ini bisa diatasi dengan pemberian obat, seperti Trimezyn, Medoxy, dan Sulfanix.

  • Cacingan

Tanda-tanda ayam yang menderita cacingan adalah tampak lesu, pucat, kondisi kesehatannya semakin menurun, produksi telurnya mengalami penurunan. Berikan obat cacing untuk mengobatinya.

  • Gumboro

Tanda-tanda ayam terkena gumboro adalah nafsu makan menurun drastis, kondisi badan melemah, terjadi peradangan di sekitar dubur (anus), ketika ayam berumur kurang dari 12 minggu sering mengalami diare (mencret).

  • Marek

Tanda-tanda ayam yang terserang marek antara lain muka pucat, badan lemah, mencret, tubuh semakin kurus, terjadi kebutaan, dan terjadi perubahan atau kerusakan pada alat-alat tubuh, misalnya sayap melemah dan terkulai.

www.AYAMSIAM.com

Jenis Penyakit Ayam Laga Jago dan Pengobatannya

Please like & share: