Pertarungan Sengit di Lapangan Tengah ARSENAL & ASTON


Perkiraan starting XI kedua kesebelasan

 

Dengan perkiraan susunan pemain yang diturunkan, pertarungan kemungkinan akan banyak terjadi di lini tengah. Arsenal menempatkan 3 gelandang serang, Alexis Sanchez, Mesut Ozil, dan Aaron Ramsey, yang menyokong satu penyerang mereka, Oliver Giroud. Ketiga gelandang serang ini biasanya akan diberikan kebebasan untuk bergerak kesana-kemari saat menyerang. Wenger tidak memplot posisi tertentu pada ketiga pemain ini.

Jika melihat tipikal ketiga gelandang serang ini, ketiganya adalah pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola sangat baik. Ketiganya memiliki kemampuan yang sangat layak untuk menembus pertahanan Aston Villa langsung dari tengah. Maka bukan tidak mungkin ketiganya akan fokus untuk melakukan serangan melalui lapangan tengah Aston Villa.

Di sisi lain, Aston Villa kemungkinan akan menempatkan tiga gelandang bertahan yang melapisi barisan pertahanan mereka. Tom Cleverley, Ashley Westwood, dan Fabian Delph akan ditugaskan untuk mengamankan lapangan tengah untuk menghindari ketiga gelandang serang Arsenal dapat bergerak dengan leluasa.

Dengan begitu, Arsenal mungkin bisa berharap pada poros ganda mereka yang berjaga di lapangan tengah. Pada posisi tersebut Aston Villa hanya menempatkan satu pemain sehingga memungkinkan poros ganda Arsenal untuk bisa bergerak dengan lebih leluasa. Apalagi, di posisi ini Arsenal memiliki Santi Cazorla yang juga memiliki kemampuan penguasaan bola yang baik. Jika bisa memanfaatkan hal ini, aliran bola Arsenal dari tengah seharusnya bisa berjalan dengan lancar.

Namun Aston Villa juga bukan berarti akan bermain bertahan dan berharap adu penalti. Seperti yang dikatakan oleh Tim Sherwood, mereka akan bermain menyerang pada pertandingan kali ini.

Salah satu cara untuk Aston Villa menyerang adalah dengan mengandalkan serangan balik cepat. Rapatnya ketiga gelandang Arsenal bermain ke tengah mengharuskan kedua fullback mereka untuk naik mengisi kekosongan di area sayap. Hal ini berarti sisi sayap pertahanan Arsenal akan sering ditinggalkan oleh kedua fullback mereka.

Fabian Delph dan Tom Cleverley yang ditempatkan sebagai gelandang bertahan di kanan dan kiri akan memiliki kesempatan untuk melakukan serangan cepat menuju area kosong yang ditinggalkan kedua fullback Arsenal ini. Dari sinilah Aston Villa bisa menciptakan peluang untuk mengobrak-abrik pertahanan Arsenal. Cara ini pula yang mereka lakukan saat mencuri 2 gol ke gawang Liverpool di pertandingan semifinal lalu.

Please like & share: