Prediksi FC Porto vs Juventus, 23 Februari 2017

Prediksi FC Porto vs Juventus, 23 Februari 2017 – Satu laga panas akan tersaji di babak 16 besar Liga Champions musim ini, di mana wakil dari Portugal, FC Porto akan melawan wakil dari Italia, Juventus. Pertandingan leg pertama antara kedua tim tersebut akan berlangsung pada Rabu dini hari (23/2) di Estádio do Dragão, Porto, pukul 02:45 WIB.

FC Porto melangkah ke babak 16 besar setelah berhasil finis di peringkat dua Grup G, di bawah juara grup, Leicester City. Sedangkan Juventus berhasil keluar sebagai juara Grup H, berada di atas dua tim kuat lainnya, Sevilla dan Olympique Lyon.

Ini akan menjadi pertemuan yang ketiga kalinya bagi kedua tim di ajang Liga Champions, setelah sebelumnya mereka pernah bertemu di fase grup pertama (first group stage) Liga Champions musim 2001/2002. Ketika bertandang ke Estádio do Dragão, mereka hanya bermain imbang 0-0, sementara di pertemuan kedua di Stadio Delle Alpi, Juventus berhasil memetik kemenangan 3-1. Kedua tim juga merupakan mantan juara di kompetisi bergengsi benua biru ini, di mana kedua tim sama-sama pernah dua kali mengangkat trofi ini.

FC Porto tampi cukup mengesankan di fase grup, dengan berhasil membukukan tiga kali kemenangan, dua kali kali meraih hasil imbang dan satu kali menelan kekalahan. Selain itu, di kompetisi domestik Liga Primeira, Portistas Dragões juga tampil sangat impresif dengan tidak pernah terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir secara berturut-turut. Di tiga pertandingan terakhir mereka berhasil membungkam Tondela 4-0, 2-0 atas Vitoria Guimaraes dan menaklukan salah satu rival beratnya, Sporting Lisbon dengan skor 2-1.

Meski mereka tidak pernah mengalahkan Juventus di tiga pertemuan terakhir, namun mereka memiliki catatan yang cukup bagus dengan tidak pernah terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir di kandang melawan wakil Italia. Selain itu, Porto juga tidak pernah mengalami kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Champions musim ini. Maka dengan berlaga di hadapan publik sendiri, diyakini semakin menambah rasa percaya diri Casillas Cs untuk bisa mendulang hasil positif di laga ini, agar semakin memudahkan langkah mereka ketika menjalani leg kedua di Juventus Stadium pada leg kedua mendatang.

Menghadapi wakil Italia nanti, diprediksikan Nuno Espírito Santo akan menggunakan pola 4-1-3-2 dan akan menurunkan skuat terbaiknya, dengan Jota dan Andre Silva ditempatkan di lini depan, yang akan disokong oleh tiga gelandang serang dalam diri Corona, Torres dan Brahimi. Sedang Danilo Pereira akan berperan sebagai jangkar di lini tengah, yang bertugas untuk menghentikan aliran bola lawan. Di jantung pertahanan ada duet Felipe dan Marcano yang akan melindungi gawang dibawah komando Iker Casillas.

Juventus akan menyambangi do Dragão dengan kepercayaan diri yang tinggi. Selama putaran grup, skuat asuhan Massimiliano Allegri tampil sangat impresif dengan tidak pernah sekalipun mengalami kekalahan. Dalam enam kali pertandingan di putaran grup, mereka berhasil meraih empat kali kemenangan dan dua kali meraih hasil imbang. Maka dalam lawatannya nanti, diyakini Buffon Cs akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencuri gol tandang, agar makin memudahkan langkah mereka ketika menjamu Porto di Juventus Stadium di leg kedua nanti.

Di kompetisi domestik, La Vechia Signora juga mencatatkan penampilan yang mengesankan dengan tidak pernah terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir, baik di ajang Serie A maupun di ajang Coppa Italia. Dalam tiga pertandingan terakhir di Serie A, Juve sukses menaklukan Crotone 2-0, menang 2-0 atas Cagliari dan mempermalukan Palermo dengan skor 4-1.

Meski Bianconeri telah empat kali mengalami kekalahan dari 11 kali pertemuan mereka dengan wakil Portugal, namun menghadapi Porto nanti, mereka memiliki modal yang sangat bagus dengan tidak pernah terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir di Liga Champions.

Allegri diyakini akan kembali menggunakan formasi (4-2-3-1) andalannya, yang terbukti sangat efektif pasca kekalahan dari Fiorentina. Duet Bonucci dan Chiellini masih dipercayakan untuk menjaga jantung pertahanan. Pjanic dan Khedira akan mengisi pos di lini tengah sebagai gelandang penyeimbang, dan Higuain masih menjadi pilihan utama untuk menjebol gawang lawan dan dibantu oleh tiga gelandang bertipikal menyerang, Mandzukic, Dybala dan Cuadrado. Kapten Gianluigi Buffon akan kembali berada di bawah mistar gawang untuk mengkomandoi rekan-rekannya di laga nanti.

Prediksi Line Up FC Porto vs Juventus:

FC Porto (4-1-3-2): Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Marcano, Telles; Danilo Pereira; Corona, Oliver Torres, Brahimi; Jota, Andre Silva.

Pelatih: Nuno Espírito Santo

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Pelatih: Massimiliano Allegri

Head to Head FC Porto vs Juventus:
•23/10/01 Juventus 3 – 1 FC Porto (UCL)
•10/10/01 FC Porto 0 – 0 Juventus (UCL)

Lima Pertandingan Terakhir FC Porto: (W-W-W-W-W)
•21/01/17 FC Porto 4 – 2 Rio Ave (Liga Primeira)
•29/01/17 Estoril 1 – 2 FC Porto (Liga Primeira)
•05/02/17 FC Porto 2 – 1 Sporting CP (Liga Primeira)
•12/02/17 Vitória Guimarães 0 – 2 FC Porto (Liga Primeira)
•18/02/17 FC Porto 4 – 0 Tondela (Liga Primeira)

Lima Pertandingan Terakhir Juventus: (W-W-W-W-W)
•29/01/17 Sassuolo 0 – 2 Juventus (Serie A)
•06/02/17 Juventus 1 – 0 Inter Milan (Serie A)
•09/02/17 Crotone 0 – 2 Juventus (Serie A)
•13/02/17 Cagliari 0 – 2 Juventus (Serie A)
•18/02/17 Juventus 4 – 1 Palermo (Serie A)

Persentase Kemenangan:

FC Porto: 32%
Juventus: 35%
Imbang: 33%

Please like & share: