• Home »
  • News »
  • Timnas U-23 Mantapkan Formasi 4-1-4-1, Ini Gambaran Komposisinya

Timnas U-23 Mantapkan Formasi 4-1-4-1, Ini Gambaran Komposisinya

Timnas U-23 Mantapkan Formasi 4-1-4-1, Ini Gambaran Komposisinya

Jakarta – Tim nasional Indonesia U-23 sudah mendapatkan sedikit gambaran formasi untuk menghadapi SEA Games 2015. Formasi 4-1-4-1 dinilai efektif sesuai dengan materi pemain dan strategi yang diharapkan.

Timnas U-23 telah menggelar laga ujicoba melawan Persigar Garut, Sabtu (16/5) lalu. Pada laga itu pelatih Aji Santoso menerapkan formasi 4-1-4-1. Hasilnya, Evan Dimas dkk sukses menang 6-0.

Asisten pelatih timnas U-23, Mustaqim, menilai komposisi tersebut sangat cocok dengan materi pemain yang ada saat ini. Tak menutup kemungkinan, formasi tersebut akan terus dimatangkan.

Salah satunya komposisi di lini belakang, yang akan diisi oleh Vava Mario Zagallo. Dia didapuk menjadi bek kanan untuk menggantikan peran Alfin Tuassalamony yang mengalami cedera.

Sementara Zulfiandi ditempatkan menjadi gelandang jangkar, menyusul Evan Dimas dan Adam Alis yang berada di depannya, sejajar dengan Ahmad Nufiandani dan Wawan Febrianto di sayap kanan dan kiri.

Untuk lini depan, Ferinando Pahabol dipercaya mampu memberikan daya serang yang efektif.

“Komposisi 4-1-4-1, kami gunakan waktu lawan Persigar di babak pertama. Hasilnya 4-0. Tapi di babak kedua kami mencoba pemain pelapis. Hasilnya cukup baik. Kami akan terus asah formasi ini, tapi tentunya kami menyiapkan strategi-strategi lainnya,” ungkap Mustaqim kepada detiksport, Senin (18/5).

Meski begitu, dengan sisa waktu persiapan kurang lebih 10 hari semua aspek terus dimatangkan, terutama kekompakan. “Kami ingin pemain lebih padu. Dan mental mereka lebih baik. Selain itu, mematangkan kerja sama tim baik bertahan, menyerang dan ball possession.”

Timnas U-23 masih menyisakan satu laga ujicoba terakhir sebelum berangkat ke Singapura yakni melawan Malaysia pada 21 Mei di Stadion Si Jalak Harupat. Ujicoba tersebut diharapkan menjadi ajang pemantapan taktik dan strategi di SEA Games 2015.

Please like & share: